Siapa yang tak kenal dengan Turki. Negara yang satu ini adalah salah satu negara yang selalu menjadi pilihan destinasi wisata para traveler. Selain menyimpan keindahan alam yang menarik, Turki juga memiliki banyak sekali tempat bersejarah yang menyimpan banyak cerita yang menjadi daya tarik tersendiri.

Bangunan-bangunan di Turki memiliki keunikan hasil dari perpaduan antara Eropa dan Asia. Banyak di antaranya yang menyimpan sejarah tentang Islam. Keunikan inilah yang menjadikan Turki sebagai negara yang dituju banyak wisatawan. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Turki yang harus dikunjungi.

Blue Mosque
Blue Mosque merupakan masjid megah di Turki yang memiliki keunikan dan keindahan menakjubkan. Jika Anda berkunjung ke Turki, rasanya belum lengkap kalau belum ke tempat wisata ini. Masjid ini dibangun oleh Sultan Ahmed 1 yang berasal dari masa dinasti Ottoman abad ke 14, sedangkan konstruksi bangunannya dimulai pada tahun 1609.

Kenapa dinamakan Blue Mosque (Masjid Biru)? Jawabannya adalah karena keramik-keramik yang menutupi dinding serta kubah masjid ini berwarna biru. Masjid ini memiliki 6 buah menara yang mana konon katanya Sultan Ahmed 1 sempat mendapat kritikan karena memiliki jumlah menara yang sama dengan Masjidil Haram di Mekkah. Untuk mengatasi hal ini akhirnya Sultan Ahmed 1 menyumbang biaya pembuatan menara ke 7 Masjidil Haram.

Cappadocia
Saat berlibur ke Turki, Cappadocia adalah salah satu tempat wisata di Turki yang wajib dikunjungi. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Cappadocia menyuguhkan pemandangan yang luar biasa bagaikan sedang berada di planet lain. Pemandangan lembah, ngarai, dan juga perbukitan mendominasi tempat wisata di Turki ini. Keunikan lain dari tempat wisata di Turki ini adalah bahwa bangunan rumah, gereja, restoran, dan juga terowongan yang ada di kawasan ini semuanya terbuat dari pahatan bebatuan.

Topkapi Palace
Topkapi Palace (Topkapi Sarayı) adalah tempat dimana Anda harus datangi saat berada di Istanbul, karena topkapi menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan rugi jika dilewatkan begitu saja selama Anda berada di Istanbul. Dalam kompleks ini terdapat kios dan paviliun yang dikelilingi oleh empat halaman hijau subur. Dahulu topkapi merupakan tempat tinggal utama sultan selama hampir setengah abad. Dan dari topkapi ini juga jangan lewatkan untuk sejenak berjalan santai menikmati keindahan pemandangan Laut Marmara, Bosphorus dan Golden Horn.

Grand Bazaar
Grand Bazaar Istanbul Turki ini telah berusia lebih dari 500 tahun, akan tetapi masih menjadi salah satu bazaar terbesar di dunia. tidak kurang dari 60 jalan, 5000 toko, 60 restoran, 18 air mancur, 12 masjid, dan juga sekolah. Bazaar ini sangat terkenal dengan karpet, kulit, keramik, souvenir dan perhiasan. Untuk anda yang suka dengan belanja pernak pernik, sungguh seharipun tidak akan cukup untuk minikmati tempat ini. Dan jangan lupa untuk selalu mengingat dimana anda berada karena ditempat ini jika anda datang pertama kali maka anda bisa tersesat.

Hagia Sophia
Bangunan yang indah dan terlihat kokoh ini dulunya adalah sebuah gereja tapi berubah fungsi menjadi masjid dan setelah perkembangan zaman sekarang bangunan ini pun berubah menjadi museum. Hagia Sophia adalah salah satu prestasi arsitektur terbesar di dunia. Setelah bertahun-tahun di restorasi, Hagia Sophia (Aya Sofya) akhirnya bisa dinikmati kemegahannya. Satu hal yang menarik adalah jika kita berkesempatan berdiri di tengah-tengah hagia sophia ini maka akan terlihat bentangan kubah dengan lebar 43 meter yang 65 meter di atas kepala Anda dan hal ini akan menantang anda untuk berfikir bagaimana teknologi dan kecanggihan arsitektur saat itu bisa membuat kubah itu tetap tegak berdiri hingga saat ini. Disana kita juga disuguhi keindahan seni mosaik Bizantium yang indah, diantaranya adalah Kristus yang diapit oleh Kaisar Constantine IX dan istrinya Empress Zoe

Bosphorus Cruise
Perjalanan ke Istanbul jelas tidaklah lengkap tanpa berpesiar Bosphorus. Tidak hanya memberikan sebuah gambaran yang baik dari sebuah tata kota, dari selat bosphorus ini kita juga bisa menikmati keindahan Eropa dan Asia sekaligus. Bosphorus terkenal memiliki banyak hal untuk dinikmati dengan syahdu seperti halnya istana abad lama dan rumah-rumah mewah yang berderet di sepanjang selat.

Tidak itu saja, romantisme Turki juga sangat terasa saat kapal membawa tur berkeliling sampai ke laut hitam dan melihat matahari terbenam di waktu musim panas. Sungguh pengalaman yang tak akan terlupakan. Dan yang menjadi favorit ketika berada di sini adalah saat Anda memilih untuk mengambil tur sehari penuh mengelilingi Bosphorus jika Anda memiliki waktu luang yang cukup banyak atau mengambil jalur pendek jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk berkeliling.

Ulu Camii (Masjid Agung)
Tempat Wisata di Bursa, Turki – Ulu Camii
Masjid Ulu Camii ini dimulai pembangunannya pada tahun 1396 dan selesai di tahun 1399. Dana pembangunannya berasal dari sultan Yildrim Beyazit (masa kepemimpinan 1360-1403). Letak masjid ini berada di bagian barat ataturk Caddesi, tepat berada di kawasan pusat kota Bursa. Bangunan yang berbentuk persegi dan memiliki 20 kubah. Masjid ini memiliki gaya arsitektur Seljuk yang menjadi sultan pertama di turki.

Ciri utama dari gaya arsitektur Seljuk dilihat dari bagian luar yang cukup tampak sederhana namun memiliki ukuran yang luas di dalamnya. Masjid yang beratapkan kubah yang ditopang dengan banyak pilar, lalu di bagian tengah atas terdapat sebuah jendela kaca agar memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam aula.

Yesil Camii (Masjid Hijau)
Tempat Wisata di Bursa, Turki – Green Mosque (Yesil Camii)
Yesil Camii arti lainnya adalah masjid Hijau, didirikan pada tahun 1424 oleh Sultan Mehmet I. masjid yang tak kalah menarik arsitekturnya dengan Ulu Camii ini memiliki keramik yang berwarna hijau kebiru-biruan. Dahulu depan masjid ini terdapat panorama yang begitu cantik, yaitu sebuah hamparan lembah yang begitu hijau namun kini lembah tersebut sudah penuh dengan pemukiman warga. Akantetapi masjid Yesil Camii ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan mancanegara termasuk wisatawan umroh, bagi anda yang mengambil Paket Umroh Plus Turki maka akan menikmati keindahan-keindahan panorama juga arsitektur bangunan-bangunan bersejarah yang tak akan pernah anda jumpai dimanapun.

Tepat berada di teras masjid yang sekarang, terdapat tangga yang menghubungkan langsung dengan kamar sultan ottoman (hunkar mahfii) namun ruangan tersebut tidak diperbolehkan akses masuk untuk publik. Aula utama dilengkapi Mihrab (area ibadah) yang berada pada ketinggian 15 meter. Tidak jauh dari Yesil Camii, tepat di belakangnya terdapat Bursa Turkish & Islamic art Museum.